Pelatihan Pengelolaan Web Dinas (PPID) Provinsi Banten

Sumber Gambar :

Serang, 25 Maret 2024 --- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Banten menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Web Dinas (PPID) sebagai bagian dari komitmen dalam meningkatkan transparansi dan akses informasi publik bagi masyarakat sebagai bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pelatihan Pengelolaan Web Dinas (PPID) diselenggarakan pada tanggal 21 s.d 28 Maret 2024, peserta pelatihan adalah Aparatur Sipil Negatra (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten (40 orang) dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten (250 orang) yang merupakan penanggungjawab atau pengelola website masing-masing OPD. Metode pembelajaran pada pelatihan ini adalah Blended Learning melalui LMS Banten Ceria BPSDMD Provinsi Banten.

Dalam sambutan pada Acara Pembukaan, tanggal 21 Maret 2024 bertempat di Aula Kantor BPSDMD Provinsi Banten, Bapak Untung Saritomo, S.Sos, SH, M.Si selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten, menyatakan pentingnya peran website (PPID) dalam menyelenggarakan Keterbukaan dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan website masing-masing OPD sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi pembangunan yang dibutuhkan.

  Acara Pembukaan Pelatihan

Metode Pembelajaran Blended Learning melalui LMS Banten Ceria BPSDMD Provinsi Banten, dibagi menjadi tatap muka (offline) pada tanggal 21 Maret 2024 (acara pembukaan) dan 28 Maret 2024 (acara penutupan) dan secara virtual melalui zoom (online) pada tanggal 22 s.d 27 Maret 2024. Narasumber Pelatihan adalah Widyaiswara Provinsi Banten, Dinas Komunikasi Informasika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten, Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia, Pusdatin Kemendikbud dan Ristek Republik Indonesia, dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Pusan Statistik Republik Indonesia.

Hari pertama pelatihan, tanggal 21 Maret 2024, peserta mendapatkan Pengarahan Program dari Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis, Ibu Deni Andriani, S.Sos, M.Si, dilanjutkan dengan Pengarahan ASN Ber-AKHLAK oleh Widyaiswara BPSDMD Provinsi Banten Ibu Ike Yuliani, S.Pd, ME, dan Dinamika Kelompok oleh Bapak Nazarudin, S.Pd.

Paparan : ASN Ber-AKHLAK

Hari kedua dan ketiga pelatihan pada tanggal 22 dan 25 Maret 2024, adalah pemaparan materi dari Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten, yang disampaikan oleh Bapak Dino Pramono, SE. Materinya adalah Perspektif Kebijakan Pengelolaan Informasi di Provinsi Banten, dan Pengelolaan Website di Pemerintah Provinsi Banten.

Dinamika Kelompok oleh Bapak Nazarudin, S.Pd

Sampai dengan berita ini diturunkan, Pelatihan masih berlangsung sampai dengan hari Kamis tanggal 28 Maret 2024. Peserta pelatihan diharapkan dapat mengembangkan kompetensi teknisnya dalam pengelolaan website (PPID) pada OPD masing-masing. (Rona Yuliani, 25/04)


Share this Post