Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, DLHK Kampanyekan Solusi untuk Polusi Plastik

Sumber Gambar :
Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) melakukan Aksi Indonesia Coastal Clean Up (Bersih-bersih Pantai), Sabtu, 10 Juni 2023. Kegiatan ini serempak dilakukan oleh DLHK Provinsi dan stakeholder dari Industri di lebih dari 100 titik di seluruh Indonesia dalam rangka rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.
Di Provinsi Banten dipusatkan di Pantai Berok – Anyer Kabupaten Serang dengan mengangkat tema “Solusi untuk Polusi Plastik” dengan kampanye #BeatPlasticPollution.
 
Polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas di seluruh dunia. Untuk itu, melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, Pemprov Banten melalui DLHK Provinsi Banten menyerukan semua stakeholders untuk bersama-sama menemukan dan memperjuangkan solusi untuk polusi plastik ini.
 
 Sampah plastik yang berakhir di lautan sebagian besar dihasilkan dari sumber polusi darat. Hal itu membutuhkan penanganan dengan kerangka hukum dan kelembagaan dalam proses pengelolaan sampah yang komprehensif dengan implementasi yang efektif di tingkat nasional dan daerah, termasuk pengawasan dalam siklus hidup produk plastik, daripada mengatur pendekatan pencegahan terhadap polusi limbah plastik dari daratan. “Pengaturan tersebut mencakup langkah-langkah yang lebih spesifik dalam rangka menangani masalah produksi, transportasi, konsumsi, perdagangan, dan perlakuan akhir masa pakai plastik dan sifat aditifnya.
 
 
Akhirnya, DLHK Provinsi Banten mengajak semua pihak untuk terus menggalakkan berbagai langkah dan upaya guna mendorong kehidupan yang berkelanjutan secara kondusif agar lingkungan sehat. Sebagai negara dengan kearifan lokal yang tinggi, ia mengajak untuk menghidupkan kembali dan menanamkan pengetahuan dan pendekatan modern inovatif menuju negara yang lebih bersih, hijau, dan bebas plastik.
 
 
Sebagai bagian dari perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, DLHK melakukan Aksi penanaman pohon, pembagian bak sampah terpilah kepada pengelola wisata pantai dan pembersihan plastik di pantai-pantai, kawasan konservasi, bantaran sungai, tempat-tempat umum dan banyak lagi, sehingga dapat memperkuat budaya kehidupan berkelanjutan.
 
 
Dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, pihaknya juga memberikan Penghargaan kepada Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023, dimana sekolah sekolah ini di nilai telah berhasil dalam penerapan 6 (enam) Aspek Perilaku Ramah Lingkungan (PRLH) di  sekolah dan lingkungan sekitarnya termasuk dalam pengelolaan sampahnya.
 
 
Sebanyak, 115 Sekolah Adiwiyata tersebut juga  diundang dan hadir bersama-sama dalam aksi “Indonesia Bersih-Bersih Pantai (Coastal Clean Up)”.

Share this Post