Forum Lintas Organisasi se Panimbang Tanam Ribuan Mangrove

Sumber Gambar :

Puluhan massa yang tergabung dalam Forum Lintas Organisasi Panimbang dan masyarakat melakukan kegiatan penanaman 5.000 bibit mangrove di empat titik kanan kiri sungai di wilayah Desa Panimbangjaya yang meliputi jalur sungai Kampung Huni, Jalur Sungai Kampung Soge Nurul Huda, Kampung Lelang lama sampai dengan Kampung Brebes.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari seluruh organisasi yang tergabung dalam Forum Lintas Organisasi Panimbang dan peserta kegiatan kemungkinan bertambah mengingat masyarakat juga antusias untuk terlibat dalam kegiatan tersebut. Panitia juga mengundang Kepala Desa Panimbangjaya, Camat Panimbang, Babinsa, Binmas, serta Binwil Kecamatan Panimbang untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang bertema ‘Jaga Alam, Jaga Persatuan untuk Generasi Masa Depan’.

Ketua Karang Taruna Panimbang Oka Hasan Bachtiar mengatakan, kegiatan ini untuk mereboisasi tanaman mangrove yang sudah rusak guna menahan abrasi di sekitar kanan kiri sungai, menjaga alam dan lingkungan sekitar guna mengurangi dampak banjir yang sering terjadi di Panimbang, dan menjalin persatuan yang lebih erat antar organisasi yang ada di Panimbang guna menghindari adanya gesekan-gesekan antar organisasi.

“Saya sebagai ketua Karang Taruna Kecamatan Panimbang sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi Karang Taruna Panimbang sebagai inisiator juga penggagas kegiatan ini dan di respon baik oleh Kementerian LHK, Dinas LHK Prov. Banten, PKSM, dan di dukung penuh oleh Organisasi-Organisasi yang tergabung di Forum Silaturahmi Lintas Organisasi Panimbang seperti GP Ansor, Pemuda Pancasila, FPI, Banser, KEMBANG, PERPAM, IMM, PBR, BSG, IMNU, FORZA, Kecro Comunity dan komunitas lain yang ada di wilayah Panimbang,” katanya.

“Harapan saya, hal kecil yang kita lakukan hari ini dapat berdampak positif bagi lingkungan dan kemanfaatan nya dapat di rasakan oleh masyarakat, juga saya berharap kegiatan ini terus dapat di galakan d berbagai tempat lainnya khususnya di wilayah Pandeglang yg memiliki area yg layak untuk d tanami Mangrove, baik oleh Organisasi atau masyarakat, agar kelestarian lingkungan di sekitar kita terus terjaga dan juga dukungan dari pemerintah serta pihak terkait memiliki peran penting agar kegiatan ini menjadi sebuah rutinitas yang baik,” terangnya.

“Saya mengajak ke pada seluruh masyarakat dan semua pihak, Mari jaga alam sekitar untuk kehidupan yang lebih baik, sebagai bentuk warisan yang bermanfaat bagi generasi kedepan.” (Yul/Red) 


Share this Post