Dengan Semangat Sumpah Pemuda, Aktifis Lingkungan Sersama PKSM Pontirta, Adakan Lauching Bank Sampah

Sumber Gambar :

Pontang,  30 oktober 2018

Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda 28 Oktober 2018, lembaga dan seluruh komponen aktivis lingkungan menggagas launching Bank Sampah yang dihadiri oleh ratusan masyarakat Se Serang Utara dan beberapa instansi terkait baik pemerintah maupun swasta.  

Acara ini digelar sebagai bentuk penghayatan terhadap momentum sumpah pemuda yang memiliki peranan penting dalam membangun spirit juang pemuda dan kontribusinya terhadap Negara. Selain memperingati hari sumpah pemuda,  yang menarik dalam acara tersebut di isi dengan berbagai orasi - orasi lingkungan dan launching program pemberdayaan ekonomi kerakyatan dalam bentuk pengelolaan Bank Sampah.  

"Bank Sampah adalah inovasi tepat guna dalam meningkatkan ekonomi menengah kebawah bagi masyarakat.  Masyarakat harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha berbasis swadaya dan kerja bersama.  Bank Sampah adalah salah satu solusi untuk membantu roda perekonomian rakyat, khususnya masyarakat di Serang Utara. Tegas Muhajir,  ketua pelaksana Peringatan hari sumpah pemuda dan launching bank sampah".

Hal senada dikatan oleh Satibi,  Humas PT. Cipta Paperia Serang - Banten. Pihaknya akan selalu mendukung dengan berbagai kegiatan kreatif masyarakat,  terutama program pemberdayan di bidang ekonomi.

"Kami akan suport dan terus berkordinasi dengan berbagai lembaga lingkungan serta masyarakat dalam mendukung berjalanya program pemberdayaan ekonomi kreatif. Bank Sampah adalah akses pemberdayaan yang harus dijaga dan di kembangkan secara produktif sebagai pilar penguat ekonomi masyarakat.  Sampah adalah hal yang menjadi masalah besar bagi bangsa ini apabila tidak berdayakan dengan baik.

Lanjut Satibi,  Jika sampah dikelola dengan baik dan dapat menjadi sumber pendapatan ekonomi masyarakat, saya kira itu yang akan mengurangi beban lingkungan bagi negeri ini. Ungkap Satibi."

Untuk diketahui, acara Launching bank sampah dan peringatan hari sumpah pemuda ini digagas oleh Riung Hijau sebagai organisasi pemerhati lingkungan dan Banten Antisipator Lingkungan Hidup Indonesia (BALHI) bekerjasama dengan PT.  Cipta Paperia,  dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang - Banten. serta dari Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) PONTIRTA  Kabupaten Serang diantaranya ; *Sutrisno Sumantri, Pendamping PNS PKSM DLHK Prov. Banten, Koordinator PKSM Alifia Rachma, Hujaini Syah, Rasyid Ridho, Fahruri dan Hayanah*. yang selalu aktif dalam sekuruh rangkaian kegiatan di berbagai Kecamatan untuk mengkampanyekan lingkungan. Saat ini petugas PKSM Provinsi banyen sebanyak 138 orang diantaranya 30 orang dari Kabupaten Serang. Untuk tenaga PKSM Pontirta 3 orang. Acara tersebut diadakan di sempadan sungai Ciujung Lama (Kali mati Pontang)  desa Susukan Kecamatan Tirtayasa pada Selasa, (30/10) selesai acara Laucing, Team PKSM Kabupaten Serang mengunjungi sentra home industri pembuatan bontot dan kerupuk dari rumput laut di Desa Domas. Di lanjutkan berkunjung ke Jembatan *PELANGI* yang ramai di kunjungi masyarakat dari berbagai kota se provinsi Banten yang saat ini sedang Viral di Medos, keberadaanya di Desa Lontar Kecamatan Tirtayasa binaan PKSM PONTIRTA Fahruri *by zniptg*


Share this Post