DLHK Banten Dorong Wujudkan Sekolah Adiwiyata

Sumber Gambar :
Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten berupaya mendorong sekolah untuk Peduli dan berbudaya lingkungan. Hal ini dilakukan melalui Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah(GPBLHS) atau Program Adiwiyata mulai  tingkat SD sampai SMA/SMK sederajat untuk setiap tahunnya.
 
GPBLHS atau Adiwiyata merupakan program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran dan prilaku ramah lingkungan warga sekolah dalam upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup. 
 
Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang bersih, hijau dan sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.
 
Tujuan kegiatan ini menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran bagi warga sekolah dan warga masyarakat sekitarnya Sehingga, ke depan warga turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan dan mewariskan lingkungan yang baik bagi generasi  penerus.
 
Ada 6 (enam ) aspek GPBLHS atau Adiwiyata yang diajarkan dan diintegrasikan dalam kurikulum mata pelajaran untuk diterapkan dalam prilaku warga sekolah sehari hari yaitu :
 1. Selalu menjaga kebersihan, fungsi sanitasi dan fungsi .drainase sekolah
2. Berhasil dalam pengelolaan sampah
3. Berhasil dalam kegiatan pembibitan, penanaman dan pemeliharaan pohon
4. Berhasil dalam konservasi air
5. Berhasil dalam konservasi energi, dan
6. Adanya inovasi sekolah terkait prilaku ramah lingkungan
 
Norma-norma Gerakan PBLHS (program Adiwiyatah berdasarkan norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian  Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.
 
Pengembangan kebijakan sekolah yang diperlukan untuk mewujudkan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan, diantaranya sekolah harus memiliki visi dan misi peduli dan berbudaya lingkungan sekolah hingga kebijakan sekolah  mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, hijau dan sehat.
 
Bagi sekolah sekolah  yang telah  berhasil menerapkan prilaku ramah lingkungan (PRLH) di sekolah dan mendapatkan skor yang memenuhi syarat, diberikan Penghargaan Adiwiyata oleh Bupati/Walikota, Gubernur, Menteri dan Presiden sesuai tingkatan Adiwiyatanya, Sejak tahun 2011 hingga Februari 2022, di Banten terdapat 439 sekolah yang berstatus Sekolah Adiwiyata. Jenjang SMA/SMK sederajat sebanyak 52 sekolah, SMP sederajat 93 sekolah dan SD sederajat sebanyak 294 sekolah. (*)

Share this Post