Merehabilitasi Lahan Melalui Pola Adopsi Pohon

Sumber Gambar :

Pada masa kini pengelolaan penanganan lahan kritis dilakukan dengan berbagai cara baik secara vegetative melalui penanaman pohon maupun secara sipil teknis melalui bangunan konservasi air dan tanah. Dalam kegiatan rehabilitasi dapat dilakukan dengan menanam baik melalui dana swadaya, bantuan perusahaan, maupun bantuan pemerintah. Salah satu metode yang dapat dikembangkan yaitu dengan rehabilitasi lahan melalui adopsi pohon.

 

Pengertian adopsi menurut Wikipedia adalah tindakan mengadopsi, diadopsi. Mengadopsi adalah untuk mengambil kedalam keluarga seseorang. Pengertian pohon adalah tumbuhan yang berkayu dan terbagi menjadi dua kelompok tumbuhan yaitu kelompok pohon berakar tunjang dan kelompok pohon berakar serabut. Maka adopsi pohon dapat juga diartikan tindakan untuk mengambil sebagai bagian dari keluarga khususnya dalam memelihara dan mengelola pohon.

 

Dengan menggunakan pola adopsi pohon diperoleh manfaat sebagai berikut :

  1. Masyarakat terlibat secara langsung dalam penanganan rehabilitasi lahan dan dapat memberikan perhatian secara penuh terhadap pohon yang diadopsinya, baik melalui pemupukan atau penanganan penyakit terhadap pohon tersebut sehingga keberlangsungan tumbuh pohon dapat terjamin.
  2. Sebagai langkah nyata dalam mengurangi emisi karbon atau gas rumah kaca melalui penanaman pohon.
  3. Sebagai Implementasi dari bagian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi perusahaan.
  4. Upaya meningkatkan nilai estetika atau nilai keindahan/manfaat dari suatu taman atau hutan kota maupun ruang terbuka hijau lainnya.

 

Untuk Selanjutnya silahkan klik disini


Share this Post