• Thursday, 22 November 2018
  • Pembinaan Dan Evaluasi Kinerja Industri Pengumpul, Pengolah Dan Pemanfaat Limbah b3


    Perkembangan industri di Provinsi Banten semakin meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya, hal ini seiring dengan terbentuknya Provinsi Banten sebagai gerbang investasi Indonesia.Hal tersebut tidaklah berlebihan karena secara geografis wilayah Provinsi Banten sangat strategis dan memiliki sumberdaya yang cukup mendukungnya.Kondisi tersebut sangat mendukung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ditengarai dengan meningkatnya daya beli. Sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi dan pesatnya pembangunan disegala bidang akan menimbulkan berbagai dampak sosial, maupun budaya baik yang positif maupun yang negatif.

    Pengelolaan Lingkungan Hidup merupakan upaya sadar dan terencana secara terpadu dalam pemanfaatan, penaatan, penataan, pemeliharaan dan pengendalian serta pengembangan sumberdaya secara bijaksana untuk meningkatkan mutu lingkungan hidup.Landasan daripada pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia ditetapkan melalui Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

    Berdasarkan Undang-undang tersebut pengelolaan Lingkungan hidup diarahkan pada pelestarian kemampuan lingkungan yang serasi dan seimbang untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan manusia. Hal ini harus diwujudkan dalam pemanfaatan sumberdaya disesuaikan dengan daya dukung dan daya tampung (carring kapasity) sehingga akan dicapai suatu keseimbangan ekologi, social dan ekonomi. Proses pembangunan yang didambakan pada Program Pembangunan Nasional adalah pembangunan yang berkelanjutan agar supaya sumber alam yang dikelola tidak habis atau rusak sehingga kondisi lingkungan tidak memburuk akibat pembangunan. Ini berarti bahwa pembangunan yang dilaksanakan tidak merusak lingkungan sehingga tidak menimbulkan dampak negatif pada lingkungan.


    •Pembangunan yang berkelanjutan  perlu memperhitungkan pemerataan, menumbuhkan keadilan sosial.  Implikasi pemerataan di bidang lingkungan adalah terbuka kesempatan yang sama bagi semua untuk mengelola sumber alam dan lingkungan.  Sumber alam yang dikelola harus memperhitungkan tidak saja peningkatan kesejahteraan generasi masa kini, tetapi juga peningkatan kesejahteraan generasi masa depan sehingga pemanfaatan sumber alam memungkinkan pemerataan antar generasi dan pemerataan dalam generasi.
    •Pengelolaan B3 dan Limbah merupakan manajemen yang harus dilakukan bagi pelaku industri sehingga dampak daripada pencemaran lingkungan dari Bahan berbahaya dan Beracun bias diminiimalisir sedemikian rupa walaupun dampak tersebut tetap ada. Metode saat ini yang sedang digalakkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Negara  Lingkungan Hidup Republik Indonesia adalan 3 R ( reuse, reduce dan recycle). Reuse yaitu pengelolaan B3 dan Limbah B3 dimulai dari awal yaitu penggunaan bahan yang sangat sedikit menimbulkan limbah (contohnya penggunanan batu bara yang memiliki niliai kalori tinggi, mempunyai LOI rendah dan sulfur rendah), kemudian Reduce yaitu pemanfaat limbah yang masih mempunyai nilai ekonomis dan teknis tinggi sedangkan Recyle yaitu pemanfaatan kembali bahan-bahan yang telah dipergunakan atau limbahnya bisa dimanfaatkan).
    •Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat diidentifikasikan masalah masalah sebagai berikut:
    –Tingkat pemahaman dan pengetahuan terhadap pengelolaan limbah B3pelaku usaha masih perlu ditingkatkan lewat pembinaan dan pengendalian;
    –Limbah Bahan Berbahaya dan beracun (LB3) belum dikelola sesuai dengan peraturan yang berlaku;
    –Adanya kewajiban pemerintah daerah untuk melakukan pengendalian limbah B3.
    •Tujuan dari kegiatan ini adalah :
    •Membina, memantau dan mengendalikan usaha/industri yang melakukan pengumpulan dan pengolahan limbah B3 sehingga meningkatkan kinerja  pengelolaan limbah B3 sesuai dengan peraturan yang berlaku;
    •Mengendalikan limbah B3  yang dikumpulkan dan diolah oleh pelaku usaha dan/atau kegiatan;
    •Menekan tingkat pencemaran yang diakibatkan oleh limbah B3 yang dikumpulkan dan diolah oleh pelaku usaha dan/atau kegiatan.

    Jadwal Sholat


    Prakiraan Cuaca


    Twitter


    banten_prov

    Facebook


    Tentang Kami


    Peta


    Statistik Kunjungan


    Kritik dan Saran