• Saturday, 16 December 2017
  • Bimbingan Teknis Penerapan SIstem Manajemen ISO/IEC 17025


     

    ISO/IEC 17025 pada saat ini merupakan sebuah standar yang sangat populer di kalangan praktisi laboratorium. Penerapan standar ini pada umumnya dihubungkan dengan proses akreditasi yang dilakukan oleh laboratorium untuk berbagai kepentingan. Hal ini tentu saja merupakan sebuah fenomena yang menggembirakan mengingat ISO/IEC 17025 merupakan sebuah standar yang diakui secara internasional dan pengakuan formal kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi melalui akreditasi, digunakan secara luas sebagai persyaratan diterimanya hasil pengujian dan hasil kalibrasi yang diperlukan oleh berbagai pihak di dunia. ISO/IEC 17025 merupakan perpaduan antara persyaratan manajemen dan persyaratan teknis yang harus dipenuhi oleh laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi

    Laboratorium yang melakukan pengujian parameter  kualitas  lingkungan,  harus mampu dalam mengupayakan pemantauan kualitas lingkungan yang mencakup kualitas air , udara dan tanah, maka perlu adanya peningkatan kompetensi personil salah satunya dengan melaksanakan pelatihan sistem manajemen ISO/IEC 17025.

     Pada bimbingan teknis ini difokuskan pada sistem manajemen berdasarkan  ISO/IEC 17025, materi yang disampaikan adalah :

    1. 1. Intisari butir – butir SNI ISO 17025:2008
    2. 2. Struktur dokumen dan tata cara penyusunan dokumen
    3. 3. Penyusunan Dokumen kebijakan, prosedur,
    4. 4. Penyusunan Dokumen Instruksi Kerja dan Formulir
    5. 5. Penerbitan, revisi dan program kaji ulang dokumen.

    Adapun target dan tujuan dilaksanakannya bimbingan teknis ini, diharapkan peserta mampu untuk memahami teori dan praktek  antara lain:

    1. 1. Untuk memastikan bahwa analis dapat memahami dan menerapkan dokumen Sistem Manajemen ISO/IEC 17025,
    2. 2. Meningkatkan Kompetensi Staf Laboratorium untuk menjamin mutu hasil uji.
    3. 3. Menyusun dokumen sistem mutu laboratorium yang sesuai dengan ISO/IEC 17025 2005.

    Bimbingan teknis ini  dilaksanakan Pada Tanggal 14 s/d 15 Agustus 2017, kegiatan bimbingan teknis  dilaksanakan dalam format penyampaian materi sekaligus praktek secara langsung.  Untuk penyampaian materi dilaksanakan di ruang rapat Dinas  Lingkungan Hidup dan kehutanan Provinsi Banten.

     Materi disampaikan  oleh tenaga ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL)  Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

    Peserta bimbingan teknis Sistem Manajemen ISO/IEC 17025 diikuti sebanyak 20 orang, terdiri dari personel UPT laboratorium lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten serta personel laboratorium Kabupaten/Kota se Provinsi Banten

    Dengan terlaksananya bimbingan teknis ini diharapkan peserta memahami teori dan praktek serta penerapan dalam melakukan sistem manajemen berdasarkan  ISO/IEC 17025.

     


    Jadwal Sholat


    Prakiraan Cuaca


    Twitter


    Facebook


    Tentang Kami


    Peta


    Statistik Kunjungan


    Kritik dan Saran